Mari Membuat Desain 3D Sesi Pertama

 


Minggu baru, pelatihan juga baru. Kalau kemarin berlatih desain 2 dimensi, minggu ini, tepatnya Selasa kemarin, pelatihan Microsoft yang kami, guru-guru ikuti mengambil tema desain 3D. Untuk saya yang tidak begitu mengikuti perkembangan teknologi, desain 3D adalah sesuatu yang baru. Pemateri sesi itu adalah Ibu Salma dari Surabaya. Hari itu, kami diajarkan pertama kalinya menggunakan 3D Paint.

Hal yang babagi saya, tentunya adalah aplikasi 3D Paint itu sendiri. Hal yang baru, karena saya baru tahu kalau ada aplikasi itu 😃 dan pemakaian aplikasinya apalagi, benar-benar tidak tahu sama sekali cara memakainya bagaimana. Tapi melalui pelatihan kemarin, saya sedikit banyak bisa menangkap apa yang disampaikan, dan ternyata tidak seribet yang saya pikirkan sebelumnya, hehe. Lain dari gambar 2D tentunya, kita harus memikirkan bentuk ruang desain kita, jadinya harus ada penyesuaian di sana-sini untuk sekedar desain mobil misalnya.

Yang bisa ditiru dari pelatihan kali ini, jelas, penggunaan 3D Paint yang bisa digunakan untuk membuat desain 3D. Kemudian yang bisa ditiru adalah lebih detail dalam pekerjaan, maksudnya, kalau gambar 2D, kita mungkin bisa lebih bebas menggambar tampak depan, kan. Sementara untuk gambar 3D juga harus dipikirkan ruang yang ada di desain kita itu. Nah detail seperti itu yang membutuhkan latihan lebih.

Kemudian, satu hal yang akan dilakukan ke depannya adalah mencoba eksplor 3D Paint lebih banyak, karena ada menu-menu yang mirip dengan Paint biasa, di mana kita bisa menggambar secara bebas, nah saya tertarik untuk mencobanya, supaya desain saya tidak hanya terbatas bentuk-bentuk yang monoton. Mungkin gambar mobil di atas agak kaku ya, hehe. Next akan coba yang lebih luwes lagi



Comments

Popular posts from this blog

Temu Kangen

Ganti Fokus Yuk

Mudik