Ini Cara Supaya Pintar

Halo-halo, selamat pagi/siang/malam para pembaca 👋

Siapa di sini yang mau makin pinter? Nah, sepertinya hampir semua orang mau menjadi pintar, karena menjadi pintar itu enak. Coba bayangkan kalau setiap ditanya apapun, kita bisa menjawab, bukankah suatu kebanggaan? Yes, being smart is good

Lalu, apakah kita harus melulu belajar untuk menjadi pintar? Jawabannya bisa iya dan tidak. Kenapa kok iya? Ya karena pengetahuan baru bisa kita dapat kalau kita mempelajari sesuatu hal yang baru, lalu kenapa bisa tidak? Hmm, sebenarnya, kalau konsep belajar anda adalah membaca buku pelajaran selama dua jam non stop, maka jawabannya adalah tidak, karena dengan kemajuan teknologi, kita bisa belajar dari banyak hal dan tidak melulu tergantung pada buku cetak.

Apakah ada tips supaya menjadi pintar? Tentu ada. Seperti gambar di atas, hari ini saya akan membagikan enam cara menjadi lebih pintar.

1. Tuliskanlah ide-idemu setiap hari

Tulisan dapat menjadi media yang ampuh untuk mengkomunikasikan sesuatu. Dengan menulis, kita juga dapat mengingat sesuatu dengan lebih baik. Ide-ide yang kita punya, bisa menjadii refleksi dari diri kita sendiri. Ide yang muncul bisa saja menjadi pembuka pintu keberhasilan kita. Ingat, orang paling suksespun mengawali kesuksesannya dari sebuah ide. Ya, dari ide, sesuatu yang abstrak bisa mengantarkan seseorang menjadi sukses. Lalu, kalau kita hanya memikirkan ide kita tanpa menulisnya, bagaimana kalau kita lupa? Sungguh sayang sekali kan. 

2. Selalu ajukan pertanyaan pada setiap informasi baru 

Apapun yang kita ketahui sekarang akan selalu berubah seiring perkembangan zaman dan seiring majunya teknologi. Bisa saja informasi baru yang kita terima relevan dengan diri kita, bisa juga malah bertentangan dengan apa yang kita percayai sebelumnya. Jadi sebisa mungkin, ajukanlah pertanyaan pada apapun informasi baru yang kita dapatkan. Dengan bertanya, kita akan mendapat informasi tambahan terkait hal baru tersebut. Dengan bertanya, kita juga melatih diri kita untuk berpikir lebih mendalam akan sesuatu.

3. Menonton video edukatif

Seperti yang saya katakan sebelumnya, belajar tidak hanya dari membaca buku pelajaran sambil ngantuk-ngantuk. Dengan kemajuan teknologi, kita bisa menonton video-video edukatif sebagai media pembelajaran. Saya pribadi, dengan menonton video (yang ada musik-musik dan gambar-gambar visual) bisa menggugah minat kita untuk tetap menonton dan menyerap pengetahuan dari video tersebut, yang pastinya menjadi media yang lebih efektif untuk mereka yang tidak betah membaca banyak-banyak. Jadi, mereka yang visual, bisa "belajar" dengan lebih efektif dan efisien dari metode kuno yang hanya baca membaca buku saja.

4. Buatlah daftar hal-hal yang telah anda kerjakan

Siapa sih yang tidak suka dengan sense of accomplishment? Apa sih sense of accomplishment? Biar saya jelaskan, yang dimaksud sense of accomplishment adalah perasaan bangga telah menyelesaikan sesuatu. Pasti pernah kan merasa lega dan bahagia saat satu pekerjaan terselesaikan. Nah itu yang disebut sense of accomplishment. Dengan menuliskan apa saja yang telah kita kerjakan dan SELESAIKAN, selain menjadi afirmasi diri, menuliskan apa yang kita selesaikan bisa menjadi sebuah tracker bagi kita, sehingga kita tahu apa yang sudah selesai dan apa yang memerlukan curahan perhatian kita.

5. Rajinlah membaca

Tips selanjutnya adalah rajin-rajinlah membaca, khususnya untuk mereka yang tahan membaca berjam-jam. Why? Karena membaca memicu kita untuk berimajinasi. Novel misalnya, especially yang ditulis dengan apik, membuat pembaca merasakan apa yang buku itu ceritakan, menarik pembaca mengikuti alurnya, dan bahkan menanamkan suatu nilai kepada pembacanya. Buku pengembangan diri atau self development lebih gamblang lagi menanamkan nilai-nilai penulisnya kepada pembaca. Yang ingin saya garis bawahi apa? Dengan membaca, kita dapat memahami sudut pandang dari penulis, memahami nilai-nilai apa yang dipegang oleh penulis, dan mengadopsi nilai-nilai yang baik untuk kita sendiri.

6. Buatlah rencana mingguan

Membuat rencana terkadang merepotkan ya, seakan kita dituntut untuk berpikir ke depan, padahal masa depan sendiri adalah misteri. Namun, ada benarnya juga untuk membuat rencana ke depan. Rencana mingguan misalnya, bisa membuat kita stay fokus kepada hal-hal yang memang menjadi perhatian kita. Kenapa membuat rencana bisa membuat kita pintar? Justru karena kemisterian masa depan membuat kita berpikir lebih dalam mengenai langkah kita selanjutnya, dan ingat, berpikir artinya mengasah otak, dan mengasah otak artinya membuat kita semakin pintar.

So,dari satu sampai enam tips, kira-kira mana yang pembaca pernah terapkan? Atau kalau memang belum menerapkan sama sekali, kira-kira tips mana yang akan pembaca coba? 

Comments

  1. Semuanya pernah dan akan mulai diterapkan lagi. Bissmillah

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya sudh kita lakukan tapi gak konsisten aja hehhe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Temu Kangen

Ganti Fokus Yuk

Mudik