Kewirausahaan

 



Sabtu lalu, sekolah kami mengadakan event kewirausahaan. Dalam rangkaian acara tersebut, anak-anak bekerja terlebih dahulu untuk mendapatkan modal. Mereka bekerja dengan cara membantu guru, membantu staff kebersihan, membantu staff dapur, maupun membantu staff lapangan. Sungguh ide yang cemerlang, jadi anak-anak akan merasa terlibat dan benar-benar berkontribusi, terlepas ada beberapa anak yang memang membandel tidak ikut bekerja bersama tim-tim yang telah dibentuk oleh wali kelas mereka. Salut pokoknya untuk teman-teman wali kelas, karena bisa mengkondisikan sebagian besar siswa kelasnya.

Ide-ide jualan pun datang dari diskusi diantara anak-anak sendiri, meskipun masih ada campur tangan wali kelas, tetapi porsi kerja anak-anak saya akui sangat besar dan kreatif. Ada yang berjualan makanan ringan, jasuke, bahkan mi rebus. Ada juga yang menjual es lumut, PopIce, dan teh. Jualan anak-anak memang didominasi oleh makanan ringan dan minuman, ya karena keterbatasan modal dan waktu persiapan mungkin ya, jadi jualan yang bertema barang pakai tidak ada sama sekali.

Intinya, yang saya suka dari program ini adalah antusiasme anak-anak yang besar, terlihat mereka niat sekali untuk berjualan, disamping itu keuletan teman-teman wali kelas dalam mendukung anak-anak walinya juga patut diacungi jempol. Saya tidak terlibat secara langsung dalam acara, paling hanya sebagai seksi dokumentasi, dan seksi quality control hehe. Jadi saya jajan-jajan mencoba makanan dan minuman yang dijual. Semuanya enak dan layak dijual, ide-ide mereka juga bagus-bagus untuk memulai bisnis.

Comments

Popular posts from this blog

Temu Kangen

Ganti Fokus Yuk

Listen to Your Heart