Workshop Membuat Ilustrasi dengan Microsoft PowerPoint. Day 2


 

Hari Kamis, saya masih kembali workshop online bersama Bu Roro. Seperti kemarin, beliau masih menggunakan PowerPoint untuk mendesain. Tapi beda dari kemarin, kala itu desain yang dipraktekkan oleh Bu Roro lebih kepada desain pemandangan. Beliau menggambar matahari, kolam bertema Jepang komplit dengan ikan-ikan koi, lautan, dan lain-lain. Pokoknya yang bertema pemandangan lah. Selain itu, hari itu, kita bermain dengan warna juga lho.

Seperti pada pertemuan lalu, ada hal-hal baru yang bisa saya pelajari, seperti memberi gradient pada gambar. Ya, memberi gradasi warna pada gambar yang sudah dibentuk menjadi keseruan dan tantangan tersendiri. Pertemuan lalu ditantang kreatif merangkai bentuk, sementara pada pertemuan Kamis, ditantang untuk kreatif bermain warna. Ada hal lain lagi nih soal gradasi warna di PowerPoint. Saya dulu sih tahunya gradasi warna ya perpaduan warna yang sama, dari yang cerah ke gelap ataupun sebaliknya. Sementara menggunakan PowerPoint, kita bisa lho mencampur warnanya, bisa oranye dengan biru muda dan sebagainya, jadi tidak terikat pada warna yang sama, seperti yang saya buat untuk pendaran warna matahari pada gambar di atas. Terkesan realistis kan? Nah, untuk hal baru lainnya, saya menggunakan free form: scribbles saat menggambar awan. Saat eksplorasi shapes untuk membuat tugas menggambar pemandangan, saya iseng menggambar dengan menu tadi, dan alhasil malah awan yang saya buat lebih bagus dari menggunakan bentuk awan yang disediakan di menu shape hehe.

Nah, setelah bertemu dua kali dengan Bu Roro, saya melihat bahwa di usianya yang tidak lagi muda, Bu Roro masih mau berkarya dan berlatih menggambar. Kata beliau sih menggambar menjadi pereda stress. Mungkin karena hobi ya. Ternyata menekuni hobi bisa mengantarkan beliau menjadi pemateri workshop seperti ini, hobi juga bisa membuat beliau tetap berkarya. Hal ini menginspirasi saya untuk menekuni hobi-hobi saya, siapa tahu bisa mengantarkan saya ke level lebih tinggi. Selain itu, pembawaan Bu Roro yang luwes menginspirasi saya untuk menjadi lebih luwes saat menyampaikan materi, baik pembelajaran, maupun saat menyampaikan sesuatu hal.

Sesi dengan Bu Roro berakhir hari Kamis itu. Jujur, saya lebih cocok untuk menggambar pemandangan ya, bisa dilihat kalau gambar hari kedua lebih baik dari yang pertama. Nah, untuk kedepannya saya akan eksplorasi lebih jauh untuk menggambar pemandangan lewat PowerPoint.

Comments

Popular posts from this blog

Temu Kangen

Ganti Fokus Yuk

Mudik