Workshop Membuat Ilustrasi dengan Microsoft PowerPoint. Day 1

 


Hari Selasa lalu, saya dan teman-teman guru mengikuti sebuah workshop dengan pokok bahasan membuat desain melalui PowerPoint. Ya, PowerPoint untuk desain. Biasanya PowerPoint untuk kita presentasi kan? Nah saya belum pernah kepikiran nih untuk mendesain menggunakan PowerPoint. Jadi, acara hari itu dipandu oleh Bu Roro Martiningsih. Nah Bu Roro ini memang sudah berumur, tapi karya beliau yang beliau tampilkan sangat apik, apalagi beliau punya channel YouTube sendiri yang berisi cara-cara mendesain dengan PowerPoint, benar-benar kreatif.

Dalam workshop hari itu, saya menemukan hal baru yaitu menggunakan shapes dan digabung-gabungkan sedemikian rupa bisa berubah menjadi gambar-gambar lucu. Seperti pinguin dan burung-burung misalnya. Selain itu, di PowerPoint juga ada fasilitas text box yang memungkinkan untuk memberi dialog pada gambar-gambar lucu tadi. Sudah seperti komik ya. Dengan menggabung-gabungkan shapes, Bu Roro juga bisa lho membuat rumah-rumahan. Jadi paket komplit sebenarnya, bisa membuat karakter sekaligus latar belakangnya juga, seperti yang saya buat di atas.

Yang saya salut dan patut saya contoh dari Bu Roro adalah kekreatifannya. Siapa sangka bentuk-bentuk lingkaran, kotak, segitiga bisa menjadi gambar seperti di atas. Dan saya lihat harus ada passion untuk seni ya, agar menggabungkannya juga bisa tepat dan bagus. Dan saya menyoroti ketelitian Bu Roro juga. Memang kalau gambar yang sederhana dan butuh sedikit bentuk-bentuk mudah untuk di group, maksudnya mudah untuk digabungkan supaya bentuk-bentuk tadi tidak lari sendiri-sendiri, tapi kalau bentuknya banyak seperti gambar hutan di sebelah kiri bawah, butuh ketelitian supaya semua bentuknya tergabung dengan sempurna.

Nah, untuk mencapai tingkatnya Bu Roro, saya akan berlatih untuk membuat ilustrasi seperti beliau, butuh waktu sih untuk terbiasa dan mempunyai "insting" seni seperti itu, tapi akan saya coba.

Comments

Popular posts from this blog

Temu Kangen

Ganti Fokus Yuk

Mudik