Learn from Fictional Character: Sherlock Holmes

File:Sherlock Holmes - The Man with the Twisted Lip.jpg
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Sherlock_Holmes_-_The_Man_with_the_Twisted_Lip.jpg

 

"Melakukan hal yang disenangi akan membuat pekerjaan terasa ringan dan lebih mudah."

Ya. Saya mempercayai kalimat di atas. Baru-baru ini saya membaca ulang novel Sherlock Holmes, Study in Scarlet lebih tepatnya, novel pertama dari series Sherlock Holmes. Sang detektif digambarkan sangat berdedikasi tinggi mempelajari apapun itu yang sekiranya berguna bagi penyelidikannya, termasuk sesekali bereksperimen pada dirinya sendiri untuk mendapat bukti konkrit dan akurat.

Perilaku demikian, meskipun Holmes adalah tokoh fiksi, menunjukkan kecintaannya pada pekerjaannya, dan kecintaannya pada passionnya yaitu menjadi detektif paling praktikal di seantero Inggris. Dan buktinya, Sherlock Holmes menjadi detektif dengan pengamatan paling detil, bahkan dia dapat mengenali ciri fisik seseorang hanya dari jejak-jejak yang ditinggalkan orang tersebut di TKP. Betapa passion itu bisa mengubah yang hanya hobi menjadi ahli dan ahli menjadi profesi. Meskipun hanya tokoh fiksi, keteguhan dan keuletan tokoh Sherlock Holmes patut menjadi acuan bagi mereka yang menusahakan mimpinya, mengusahakan hobinya agar menghasilkan. Mungkin apa yang saya tangkap agak off track dari cerita yang misteri malah menjadi motivasi.

Kemudian, ke-cuekkannya terhadap hal-hal di luar perhatiannya juga menjadi satu hal lain yang bisa dipelajari dari tokoh Holmes. Bahkan teori revolusi tata surya dan karya tulis klasik tidak dihiraukan Holmes, "Kalaupun bumi bergerak mengitari bulan, itu tidak akan mempengaruhi pekerjaanku" kata Sherlock Holmes, menunjukkan ketidakpeduliannya pada teori tata surya. Ya, sering kali kita harus mengabaikan apa yang tidak penting dalam hidup kita dan mengatur fokus kita jadi kita bisa lebih terarah lagi.

Mungkin itu saja sedikit tambahan tentang hal yang saya pelajari dari tokoh Sherlock Holmes. Untuk review lengkap mengenai Study in Scarlet, bisa ditonton melalui link di bawah ini. Thank you guys. Have a great day.

Review Penelusuran Benang Merah

Comments

  1. Tul sekali, apalagi pekerjaan yang sesuai hobi dan passion.. akan lebih lop lop dengan pekerjaan

    ReplyDelete
  2. makna bisa diambil dari manapun termasuk dari karakter fiksi😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Temu Kangen

Ganti Fokus Yuk

Listen to Your Heart