Training Jilid 3

 

Hari Sabtu, 7 Januari. Hari terakhir traini g bersama Ibu Capri. Setelah hari-hari sebelumnya membahas tentang mimpi dan teamwork. Kemarin, tema training kami adalah leadership/kepemimpinan.

Leadership/kepemimpinan, menurut pemaparan Bu Capri, bukan sekedar jabatan, tapi lebih kepada aksi/tindakan. Kalau berbicara kualitas dari seorang pemimpim, pasti banyak sekali ya, dan kesemuanya idealis. Satu kualitas yang menurut saya paling penting, dari 5 kualitas wajib menurut Bu Capri, adalah bahwa seorang pemimpin mengembangkan orang-orang disekitarnya.

Ya, benar. Pemimpin tidak hanya melulu memimpin, memberi perintah dan menjadi boss yang hanya tau menuntut anak buahnya bekerja sementara dirinya leha-leha. Pemimpin yang sejati adalah dia yang membantu anak buahnnya menjadi lebih baik lagi, yang membuat anak buahnya pintar. Jadi dia yang pantas memimpin adalah dia yang memiliki semangat memajukan, tidak hanya dirinya, tapi juga orang-orang di sekitarnya.

Setelah sesi training berakhir, seperti sebelumnya, kami para guru mempunyai sesi tersendiri dengan Bu Capri. Pada sesi itu, Bu Capri meminta kami menuliskan apa-apa saja yang ingin kami pelajari ke depannya dengan detail. Pertanyaan ini membuat saya menggali lebih dalam hasrat terdalam saya sebenarnya, dan terbukti banyak juga yang ingin saya lakukan tahun 2023 ini. Semoga dengan menuliskannya bisa membantu saya meraihnya. Thank you trainingnya Bu Capri.

Comments

  1. Saya sepertinya contoh pemimpin yang suka leha leha itu pak, hehe

    ReplyDelete
  2. Aamiin ya Allah🙇‍♀️
    Semoga target kita semua tercapai juga

    ReplyDelete
  3. Karena memimpin itu bisa diri sendiri dan nggak harus jabatan ya pakk

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Temu Kangen

Ganti Fokus Yuk

Listen to Your Heart