Selamat Hari Guru


Tidak terasa, saya sudah menjadi guru selamat dua tahun lamanya. Pertamanya tidak menyangka, seorang lulusan Sastra Inggris malah menjadi guru. Kalau ditanya apakah menjadi guru adalah passion saya, jawaban awalnya adalah TIDAK, karena cita-cita pertama saya adalah menjadi penulis atau editor buku. Bergelut dengan anak-anak bukanlah mimpi saya...

Lalu? Kenapa akhirnya jadi guru? Selama dua tahun, lagi... kan bukan waktu yang sebentar... Ya... bagaimana ya? Bisa dibilang seperti pepatah lama tresno jalaran seko kulino begitulah, saya yang tidak membayangkan diri sebagai guru, kini malah berkutat hebat dengan media pembelajaran. Menyenangkan sih, terutama kemarin, waktu kami, para guru SPSS meminta anak-anak untuk membuat surat bagi guru favoritnya, saya mendapat beberapa surat. Tidak banyak sih, mungkin karena saya galak kali ya, hehe. 

Tapi surat yang sedikit itulah yang mempunyai makna bagi saya, dalam surat itu, beberapa menulis kalau mereka menjadi bisa Bahasa Inggris meskipun sedikit, ada juga yang menulis kalau pembelajarannya menyenangkan, karena banyak bermain game. Yah, menyenangkan ya... mendapat ucapan terima kasih, mendapatkan afirmasi dari anak-anak bahwa stressnya membuat media belajar, pusingnya memikirkan game, dan capeknya menjelaskan ternyata membawa dampak positif, meskipun, mungkin, kecil bagi mereka.

Akhir kata, bagi semua guru di Indonesia, teruslah berjuang memajukan anak bangsa, meskipun pusing, stress, dan kesejahteraannya yang masih dipertanyakan. We are in the same boat. Pusingmu pusingku juga, kegalauanmu kegalauanku juga. Tetap semangat mengukir masa depan wahai teman-teman guru, semoga kita, yang pahlawan tanpa tanda jasa, kelak mendapatkan balas jasa yang setimpal dengan waktu, pikiran, dan tenaga yang kita curahkan. Selamat hari guru.

Comments

  1. Selamat hari guru kawan, semiga menjadi guru yg terbaik untuk siswa

    ReplyDelete
  2. Aamiin πŸ™‡‍♀️
    Selamat hari guru juga Pak Ivan😊

    ReplyDelete
  3. Selamat hari guru pak ivan 😊
    Berarti sudah tresno ya pak?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Temu Kangen

Ganti Fokus Yuk

Listen to Your Heart