Kriteria Penilaian

Apa sih itu kriteria penilaian? Ya, awalnya juga saya tidak tahu. Yang ada di benak saya soal kriteria penilaian ya jumlah point setiap soal, tidak lebih, tidak kurang. Sungguh pemahaman yang terlalu simple...

Dari menjadi guru, saya belajar bahwa kriteria penilaian bukan sekedar bobot soal, tapi juga soal instruksi kita akan suatu soal. Ya intinya pedoman pengerjaan soal dan aspek yang dinilai.

Dengan adanya kriteria penilaian, maka guru akan bisa menilai siswa dengan lebih objektif, daan siswa pun bisa mengerjakan soal dengan lebih maksimal karena instruksi yang diberikan dan bobot penilaiannya juga jelas.

Sebenarnya saya masih harus belajar mengenai pembuatan kriteria penilaian, tapi berikut adalah salah satu contoh kriteria penilaian saya: 


Bagaimana menurut teman-teman guru? Boleh banget berkomentar apalagi komentar yang membangun untuk kemajuan saya, silahkan, karena saya juga mb   1qasih belajar.

Comments

  1. Sepakat, lebih objektif dan lebih jelasπŸ‘

    ReplyDelete
  2. Dengan instruksi yang lebih detail penilaian akan lebih objektif ya pak?

    ReplyDelete
  3. Jadi siswa belajar menganalisis nilainya ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Temu Kangen

Ganti Fokus Yuk

Listen to Your Heart