Free Will


Pernahkah kamu merasa dipojokkan? Atau dipaksa melakukan sesuatu yang tidak kamu suka?


Well, beberapa waktu lalu saya mengalaminya sendiri. Seseorang menyuruh saya untuk melakukan sesuatu yang tidak saya kehendaki, sesuatu yang mungkin akan mempermalukan saya, sesuatu yang sebenarnya tidak merugikan maupun menguntungkan kalau saya lakukan. Orang ini lebih besar dari saya, lebih punya power.


Lalu, apa yang saya lakukan? Saya hanya diam dan menggelengkan kepala. Saya menolak meskipun dia bersikukuh menyuruh saya menurut. Memang dia lebih besar, lebih hebat, lebih punya power. Tapi apakah harus saya menyerahkan kehendak bebas saya padanya? Pada kemauannya yang egois, pada kehendaknya yang jelas-jelas tidak menghormati keputusan saya?


Tidak...


Karena prinsip saya adalah menjadi diri saya sendiri, mengambil keputusan dengan pikiran saya sendiri, selama hal yang saya lakukan tidak merugikan orang lain...


Akhir kata.


"Don't let anyone robs your free will"

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Temu Kangen

Ganti Fokus Yuk

Listen to Your Heart